Langkah demi langkah Membuat Simple Android Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unity 5.1.1

Langkah 1: Buka Unity dan membuat proyek baru.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhb8FcxbBSlu_mm2rebYKMHBx9kM8KRVhw4TTTDmPITQPGwimf3ZyVGz9x8NgMFaRzCvqObg2y7RQvAy8Sbul3O4PM6vC07XYZg5Wq7TRzfmMRwlQd1PX6VykvbCZ53tG8EiqA3XmvfjFg/s400/1.jpg


Langkah 2: Ubah proyek untuk Android

 Ubah project unity ke android


Jangan lupa untuk membuat pengaturan dalam pengaturan pemutar

Pengaturan player 

Adjust the company name and application name

Atur nama company dan nama aplikasi  

And also setting the bundle identifier

Atur bundle Identifier  

Step 3: Import Vuforia SDK with a double-click

Double click Vuforia SDK  

Centang semua elemen import
  
Centang semua untuk import Vuforia SDK 

Step 4: Enter AR Camera and Image Target into the scene, delete Main Camera.

Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene 

 Vuforia supports debugging on a PC using a webcam camera. But if the hardware has not been in support Vuforiayou can disable this feature.

Disable 'Don't use play mode' jika error 

Do not forget to save scene with Ctrl + S every change to avoid unwanted


Step 5: Define ImageTarget marker with a click and then click 'No targets defined. Press here for the target of creation! '

Definisikan marker untuk target 

You will be redirected to the website Vuforia. Login to log into your account. First click the 'Add License Key' on the 'License Manager' to create a license. This license will be related to the price you pay. Relax, for this tutorial, you can use afree license.

  
License manager pada Vuforia 

At no license code you need to put in your code. Copy all that code and then enter it on your project ARCamera.

Lisensi Vuforia 

Enter to AR Camera

Masukkan license ke ARCamera 


Kemudian menentukan penanda dalam gambar target. Dalam 'Sasaran Manager' klik 'Add Database'

Tambahkan database 


Masukkan nama database, dan kemudian meng-upload penanda. Upload penanda Anda akan ditampilkan dan unrated.

Marker yang di upload di Vuforia 

Kali ini saya menggunakan penanda berikut, Anda dapat menggunakan penanda lainnya.
Marker 


Setelah menyelesaikan download datasetnya, pilih 'Unity Editor'. Maka Anda akan mendapatkan file dengan ekstensi .unitypackage.

File .unitypackage berisi dataset marker  

Langkah 6: Impor file database dengan mengklik dua kali file database dengan ekstensi .unitypackage Anda dapatkan dari Vuforia.Then menentukan dataset yang digunakan dalam ImageTarget

Tentukan dataset pada Image Target 
Tempatkan objek yang akan muncul di AR lebih Sasaran Gambar. Membuat objek menjadi anak ImageTarget. Dalam contoh ini saya menggunakan objek kubus dengan mengklik 3D Object GameObject >> >> Cube
Menletakkan object AR  


konfigurasi Kamera AR untuk memuat dataset

Konfigurasi ARCamera untuk me-load dataset  


Langkah 7: Mulai proyek dengan mengklik File >> Settings >> Membangun Build. Salin file APK ke perangkat Android Anda dan menjalankan aplikasi.

Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia  

Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia 

Selesai tutorial ini, semoga artikel ini bermanfaat. Proyek dari tutorial ini dapat didownload dengan mengklik link di bawah.

Klik di sini untuk men-download proyek

Akhir kata Mohon maaf jika ada kekurangan atau kata-kata yang salah, tetap semangat dan terus bekerja :)
Previous
Next Post »